Selasa, 15 Oktober 2013

Cara Sehat Untuk Langsing

Ada banyak cara untuk melangsingkan badan, misalnya dengan minum jamu pelangsing, memakai alat kesehatan untuk mengontrol nafsu makan atau bahkan sedot lemak.  Ternyata ada lho cara yang lebih sehat, mudah dan murah yakni dengan olahraga dan diet. Ada bermacam-macam panduan diet mulai dari raw food, diet sesuai golongan darah, diet rendah karbohidrat, bahkan yang tengah populer saat ini adalah OCD.

Saya sendiri menjalankan OCD selama 4 minggu dengan pola Jendela Makan 8 jam, 6 jam dan 4 jam. Untuk melakukan diet diperlukan komitmen dan disiplin yang kuat. Tapi lama kelamaan ternyata bosen juga karena ga tahan untuk ngemil.
Dan memang sebetulnya berat badan saya tidak terlalu berlebih, masih dalam range normal berat badan.  Jadi saya memutuskan untuk membatasi jumlah kalori yang saya konsumsi. 

Yuk simak tips-tips untuk diet karbohidrat berikut ini:
  • Membatasi makan nasi dan makanan berkarbohidrat tinggi lain seperti makanan dari terigu, jagung, singkong, kentang, atau ubi, serta makanan dari terigu. Namun, tidak berarti di-stop sama sekali karena tubuh memerlukan energi dari karhohidrat untuk metabolisme alias pemecahan zat-zat makanan.
  • Mengurangi makan makanan sumber protein seperti ikan, tahu, tempe, daging-dagingan, tapi tidak perlu secara berlebihan. Dengan membatasi asupan karbohidrat, protein dan lemak. Jadi tidak banyak lemak yang numpuk dalam tubuh.
  • Mengkonsumsi banyak sayur sebab sayuran membuat kita gampang kenyang, tahan lama, dan rendah kalori.
  • Mengatur pola makan, menjaga keseimbangan input dan outputnya (porsi makanan yang dikonsumsi seimbang dengan porsi kegiatan yang dilakukan).
  • Makan buah-buahan yang tidak mengandung banyak karbohidrat tetapi banyak air macam pepaya, belimbing, semangka, jambu, apel sangat dianjurkan. Tapi kurangi konsumsi buah manis seperti pisang, melon, sawo, anggur, mangga, karena banyak mengandung fruktosa yang akan menjadi glukosa dalam darah. Salah satu jenis buah rendah fruktusa boleh ditambahkan di sela jam makan kalau masih lapar.
  • Menghilangkan kebiasaan ngemil, terutama cemilan bertepung dan bergula tinggi.
  • Banyak minum air putih minimal 8 gelas sehari (atau sesuai dengan proporsi berat badan)
  • Olahraga sangat disarankan, olahraga itu berupa kombinasi latihan beban dan aerobik. Dalam berolahraga yang perlu diperhatikan adalah intensitas latihan, lamanya latihan, serta frekuensi latihan. Jalan kaki merupakan salah satu olahraga yang teraman, membakar cukup banyak kalori, mudah, dan murah.