Selasa, 11 Februari 2014

Dream, Pray and Action

Tak terasa sudah hampir dua bulan melalui tahun baru 2014. Terima kasih untuk tahun 2013 yang sudah terlewati dengan hal-hal yang menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan. Tetap bersyukur bahwa tahun lalu sudah memberikan banyak pengalaman dan pelajaran hidup. Hadir dalam seminar-seminar bisnis dan motivasi merupakan salah satu penambah semangat untuk menghadapi tahun baru 2014. Bahkan membeli beberapa ebook yang menambah pengetahuan dalam berbisnis merupakan salah satu usaha untuk menuntut ilmu. Bukankan sebagai manusia kita wajib menuntut ilmu seperti kata peribahasa menuntu ilmu sejah buaian bunda sampai ke liang lahat. Ada juga ungkapan "Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China.

Selain itu kita juga dapat memperoleh ilmu dari membaca buku ataupun dari time line di twitter. Dengan semakin aktifnya sosial media di Indonesia semakin banyak pakar-pakar keilmuan yang membagikan ilmu melalui twitter. Dengan menjadi follower dari pakar-pakar tersebut kita bisa mendapat banyak ilmu yang kita serap. Salah satunya memfollow akun financial planner, dari tweet-tweetnya kita bisa memperoleh banyak ilmu terkait perencanaan keuangan. Ini sangat menarik karena kehidupan ini tak pernah lepas dari hal-hal yang berkaitan dengan keuangan.

Dengan memiliki pengetahuan tentang keuangan atau financial literate kita dapat mengelola dan merencakan tujuan-tujuan keuangan kita. Kita telah bekerja keras untuk mendapatkan uang dan tentu saja kita harus membelanjakan uang yang kita dapat dengan bijaksana. Tujuan keuangan yang mana yang ingin kita wujudkan terlebih dahulu. Jangan sampai kita menjadi salah membelanjakan uang yang sudah kita dapat dan kemudian akhirnya menyesal di kemudian hari.

Mulai tahun ini saya sepertinya sudah mulai melek keuangan, mulai mengatur mana yang harus dihemat. Penghematan bisa dilakukan dari hal-hal kecil seperti  tidak lagi jalan-jalan ke mall tanpa tujuan, tidak lagi pergi nonton bioskop, membeli barang yang memang dibutuhkan saja, menghemat pulsa, menghemat dengan membawa bekal air minum, dll

Saya pun mulai menyemai mimpi-mimpi untuk masa depan, rasanya sangat menyenangkan kalau nanti sudah usia pensiun kita tidak perlu bekerja keras dan seandainya bekerja ya itu karena hobby. Seperti tetap bisa travelling di masa tua tanpa merisaukan biaya traveling lagi.

Untuk mewujudkan mimpi-mimpi tersebut tentu diperlukan usaha dan kerja keras di usia sekarang, menabung serta merencakan keuangan dengan baik untuk hari tua nanti.

Semoga mimpi-mimpi ku dapat menjadi kenyataan...tetap semangat...
KEEP F!GHT!NG..Man jadda wa jada...