Sabtu, 24 Januari 2015

7 Peluang Bisnis Online Yang Bisa Dikerjakan Di Rumah



Saat ini pengguna internet di Indonesia mengalami kenaikan yang cukup pesat, menurut informasi dari Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) pada bulan Mei 2014 pengguna internet di negara kita tercinta ini menyentuh angka 82 juta orang (peringkat 8 di dunia). Dan pada tahun 2017, angka ini diperkirakan akan melewati 112 juta dan akan menaikkan Indonesia ke peringkat 5, menggeser Jepang ke peringkat 6.

Seiring kenaikan pengguna internet ini juga mendorong pertumbuhan bisnis onlinenya.  Kalau dulu kita membaca berita hanya melalui media cetak seperti Koran dan majalah sekarang kita bisa membaca berita melalui media online, sehingga berita lebih cepat diupdate setiap jam bahkan menit. Pertumbuhan juga terjadi pada bisnis online (e-commerce) dan juga bisnis offline yang go online, misalnya toko-toko yang dipusat perbelanjaan sekarang mereka punya chanel penjualan online. Jadi bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Bisnis online adalah bisnis yang dijalankan melalui media internet. Bisnis online ini bisa dilakukan oleh setiap orang yang memiliki koneksi internet dan juga memiliki produk yang ingin dijual secara online entah itu produk sendiri ataupun produk orang lain. Dengan penjualan secara onine maka kita bisa menjangaku target market yang lebih luas, baik local maupun internasional.
Lalu apa saja peluang bisnis online yang bisa kita kerjakan tanpa modal besar, bahkan bisa dikerjakan dari rumah? 

1. Menjual Produk Orang Lain (reseller/ dropshiper/ affiliate)
Bagi kita yang tidak mempunyai produk kita tetap bisa berjualan online dengan cara menjual produk orang lain, baik secara sebagai reseller, dropshipper atau affiliate. Toko online biasanya menawarkan program reseller dan dropship, keuntungan anda bergabung menjadi dropshipper adalah anda tidak perlu repot untuk packing dan mengirm barang. Tugas anda hanya memasarkan produk saja, mudah bukan? 

Tips bagi anda yang baru bergabung sebagai dropshipper, ada baiknya Anda mencoba membeli produk dari toko online tersebut sehingga anda dapat menilai cara packing dan pengirimannya serta memastikan bahwa Anda bekerjasama dengan orang yang bertanggung jawab dan bisa dipercaya.
Lalu apa itu affiliasi? Biasanya affiliasi adalah cara kita menjual barang melalui link affiliasi dari toko online yang sudah diberikan kepada kita. Apabila ada pembeli yang membeli produk melaui link affiliasi tersebut maka otomatis kita akan mendapatkan komisi. Biasanya komisi akan dikumpulkan di dalam rekening khusus dan bisa kita tarik tunai bila sudah mencapai jumlah tertentu, walaupun ada juga yang bisa ditarik sebelum mencapai jumlah minimal tetapi dikenakan biaya penarikan. 

2. Bisnis Offline Go Online
Apabila anda sudah memiliki usaha secara offline atau usaha skala UKM, maka anda juga menjalankan usaha anda secara online untuk meningkatkan brand, menjangkau pasar yang lebih luas dan tentu saja untuk meningkatkan keuntungan usaha Anda.
Untuk membuat bisnis offline kita dipasarkan secara online tidak membutuhkan modal yang besar, yang pasti kita akan membutuhkan sebuah website dan juga media sosial sebagai pendukung marketing online yang dilakukan. 

3. Menjadi Broker Online
Bisnis ini cukup banyak dilakukan oleh pebisnis online. Seorang broker atau makelar adalah orang atau sebuah perusahaan yang mempertemukan antara penjual sebuah produk/ jasa kepada calon pembeli. Diperlukan jaringan yang luas untuk dapat menjadi makelar yang handal.  Bisnis yang bisa menggunakan broker antara lain property baik untuk penjualan atau sewa, misalnya sewa apartment.

4. Menjadi Seorang Blogger Profesional
Kalau yang satu ini pasti hampir semua orang bisa mengerjakannya. Kalau jaman dulu orang biasanya menulis buku diary maka sekarang ini orang juga menulis di diary online yaitu blog baik di blogspot, wordpress atau lainnya. Selain diary online, melalui blogging kita juga bisa berbagi pengalaman, tips atau informasi lainnya. Jadi tidak ada salahnya jika kemudian anda menjadi seorang blogger professional, apalagi bila sudah lumayan banyak orang yang baca tulisan Anda atau bahkan sudah menjadi follower Anda.  

Biasanya penghasilan dari blog bisa berasal dari program PPC (pay per click) Google Adsense, space iklan, review produk, dan lain-lain.

5. Membuka Jasa Menulis/ Membuat Konten Website
Kalau anda sudah aktif blogging, tentunya akan terasah kemampuan anda dalam menulis. Maka Anda bisa membuka jasa menulis/membuat konten website. Ada banyak sekali pemiliki website yang tidak memiliki waktu atau tidak memiliki skill yang baik dalam membuat konten untuk website mereka, maka ini merupakan peluang bagi Anda untuk mendapatkan penghasilan secara online.

6. Membuka Jasa Pembuatan Website/ Blog
Apabila anda memiliki kemampuan dalam membangun sebuah website, anda dapat menjual jasa ini kepada orang lain yang memang tidak mempunyai pengetahuan tentang tata cara membuat website professional.  Seiring dengan kemajuan teknologi informasi tentu tak sedikit pebisnis offline yang ingin go online. Nah ini menjadi peluang bisnis bagi Anda untuk membuka jasa pembuatan website.

7. Membuka Jasa Konsultasi di Bidang Tertentu Secara Online
Bisnis ini sangat cocok jika Anda memiliki kemampuan yang sangat baik dalam bidang tertentu, dalam artian Anda adalah seorang expert dibidang yang Anda geluti. Beberapa contoh untuk bidang bisnis ini adalah konsultasi SEO (search engine optimization) sebuah website, konsultasi pengembangan bisnis, konsultasi medis, konsulatasi kecantikan, dan lain-lain.

Selain yang disebutkan di atas, masih ada banyak lagi peluang bisnis online yang bisa Anda jalankan dari rumah. Dalam menjalankan bisnis online kita juga harus memiliki akses internet yang baik. Untuk media promosi, kita bisa memanfaatkan media sosial, blog pribadi, media iklan, dan lain-lain.

Jika Anda ingin mempelajari 7 Rahasia Milyuner Online, silahkan klik link berikut >> http://yuk.bi/t14db3

Selamat meraup rupiah dari internet!