Sabtu, 13 Desember 2014

SMART SHOPPER SAAT BERBELANJA SALE




Siapa yang tidak tergiur dengan promo SALE  yang biasanya digelar oleh pusat perbelanjaan pada bulan-bulan tertentu, misalnya; event tahunan Great Sale, Midnight Sale, menjelang Idul Fitri, Natal, dan Tahun Baru. Mungkin SALE sangat menarik bagi orang yang sangat suak berbelanja khususnya para wanita.  Tidak sedikit orang atau bahkan kita sendiri menjadi kalap untuk berbelanja, karena berpikir kesempatan hanya sekali. Ini berarti dapat menghemat uang.  Tetapi , benarkah kita telah menjadi smart shopper dengan berbelanja di saat SALE? 

Agar tidak terjebak dengan kata “SALE” atau “DISKON” dan tidak menjadi kalap, cobalah perhatikan beberapa hal berikut yang mungkin dapat menjadi masukan dan sebagai pengingat untuk kita semua. 

1. Buatlah Catatan
Catat barang-barang yang dibutuhkan sebelum anda berangkat dan buat komitmen pada diri sendiri. Dengan adanya catatan kita lebih dapat  mengontrol saat berbelanja, sehingga barang-barang yang dibeli hanyalah barang yang diperlukan saja.

2. Bawa Uang Tunai
Bawalah uang tunai sesuai budget agar dapat “menyadarkan” kita bahwa tidak sepenuhnya uang yang kita bawa kita belanjakan dan habiskan pada saat itu. Dengan menipisnya uang di dompet kita, berarti selesai sudah belanja kita.

3. Bandingkan Harga
Hal ini penting sekali dilakukan. Kadangkala barang dengan label SALE atau DISKON belum tentu lebih murah. Selisih diskon mungkin hanya beberapa ratus rupiah atau bahkan sebenernya barang tersebut sudah didiskon walaupun tidak pada event khusus karena model lama atau ada sedikit cacat. Pada beberapa barang-barang tertentu mungkin harga sudah dinaikkan terlebih dahulu.  Oleh sebab itu, ceh harga agar Anda tidak tertipu label diskon. 

4. Teliti Barang Yang Akan Dibeli
Ada baiknya periksa terlebih dahulu untuk mengetahui apakah ada cacat pada produk atau tidak. Ada kemungkinan barang diberi diskon karena ada cacat. Apabila kita tidak menginginkan barang yang cacata atau cacat cukup besar, maka harus dipertimbangkan apakah cacat produk sebanding degnan diskon yang diberikan. 

5. Pilih Barang Sesuai Ukuran
Obral pakaian atau sepatu merupakan hal yang sangat menarik bagi kaum wanita. Bahkan, karena tergiur “DISKON” menimbulkan perasaan ingin segera memilikinya, walaupun mungkin sebenarnya  barang tersebut tidak benar-benar kita perlukan. Bahkan kadang kita memaksakan ukuran yg 1 size lebih kecil atau lebih besar demi mendapatkan harga diskon. Pilihlah barang yang sesuai dengan catatan belanja kita, ataupun pilihlah barang yang sejenis yang tidak terlalu berbeda dengan fungsi barang yang telah kita tentukan.

Mendapatkan barang-barang degnan harga yang lebih murah saat obral atau diskon tentu dapat mengurangi uang yang harus kita keluarkan. Pastikan kita benar-benar memerlukan barang tersebut dan tidak menjadi kalap saat berbelanja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar